Pada suatu masa ada seorang pemuda yang menemui Ibrahim bin Adham RA. Dan berkata : Ya Aba Ishak ! Saya suka melakukan dosa.

Daftar Isi [Tutup]
    Bismillahir Rohmaanir Rohiim

    Pada suatu masa ada seorang pemuda yang menemui Ibrahim bin Adham RA. Dan berkata : Ya Aba Ishak ! Saya suka melakukan dosa.
    Bagaimana menurut kamu, dan berilah nasehat kepadaku ?

    Mendengar hal itu Ibrahim bin Adham berkata : Jika kamu bisa memenuhi lima syarat berikut ini, maka kamu bebas untuk melakukan perbuatan maksiat. Pemuda itu berkata : Apa saja syarat-syarat itu Ya Aba Ishak ? Pemuda itu ...tidak sabar mendengar berita gembira itu.

    Ibrahim bin Adham berkata : Syarat pertama adalah, Jika kamu ingin bermaksiat pada Allah, jangan makan rejeki-Nya dimuka bumi. Lelaki itu bingung dan berkata : Semua ini adalah rejeki dari Allah. Ibrahim bin Adhan berkata : Kalau begitu apa pantas kamu makan rejeki-Nya sedang kamu melanggar perintah-Nya. Pemuda itu bertanya apa syarat yang kedua ?

    Ibrahim bin Adham berkata : Syarat kedua adalah, kalau kamu bermaksiat pada Allah, jangan tinggal di bumi-Nya. Pemuda itu berkata : bagaimana mungkin? Lanjut pemuda itu berkata : Wahai Ibrahim terangkankan kepadaku apa syarat yang ke tiga ?

    Jika kamu bermaksiat kepada adalah, carilah tempat yang tidak terlihat oleh Allah. Pemuda bingung dan bertanya lagi, apa syarat yang ke empat?

    Jika malaikat maut datang menjemput kamu apakah kamu bisa menundanya dan berkata saya mau beramal shaleh dulu ?
    Dan apakah kamu bisa keluar dari murka Allah? Pemuda itu berkata beritahukan kepadaku syarat yang kelima ?

    Ibrahim bin Adham berkata : Jika diakhirat nanti malaikat Zhabaniyah (Malaikat Penjaga Neraka) datang membawa kamu masuk ke neraka apakah kamu menduga kamu akan selamat ?

    Ya Aba Ishak cukup, ujar pemuda itu sambil menangis jangan teruskan lagi. Saya bertaubat kepada Allah mulai hari ini. Mulai saat itu lelaki itu menepati janji bertaubat dan menjalankan perintah Allah. Subhanallah..

    Dinukil dari kisah teladan
    Tinggalkan Komentar