UCAPAN SUMPAH DALAM ISLAM


¸✿✿¸السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ ╰☆╮•˚
------------------------------------
♡♡ ♥♥ UCAPAN SUMPAH DALAM ISLAM ♡♡ ♥♥

Salah satu keistimewaan yang telah Alloh berikan kepada manusia dari sekian banyak makhluk-Nya adalah kemampuan berbicara dengan berbagai bahasa yang berbeda-beda sesuai dengan kondisi, tempat dan zamannya. Dengan kekuasan Alloh Ta’ala manusia dapat memahami maksud lawan bicaranya dan dapat membedakan maksud pembicaraannya disesuaikan dengan adanya tambahan-tambahan dalam pembicaraan atau hanya dengan gaya bicara, atau selainnya.


Agama Islam telah mengatur umatnya dalam berbagai aspek kehidupannya, tatkala mereka membutuhkan suatu cara untuk lebih meyakinkan orang lain akan kebenaran uca­pannya, atau hanya sekedar ingin menghilangkan keraguan dalam ucapannya, maka Islam telah mengatur mereka dengan menggunakan sumpah (اليمين) dalam ucapannya.

Di sisi lain ketika Islam mengatur umatnya menggunakan kata sumpah, diatur juga di dalamnya larangan-larangan yang berkaitan dengan sumpah dan keharusan menebus kafaroh bagi orang yang menyelisihi sumpahnya. Marilah kita menyimak uraian tentang sumpah yang disyariatkan dan yang dilarang dalam Islam, semoga bermanfaat.
===================================
DEFINISI SUMPAH
Dari segi bahasa, (اليمين) /al-yamiin berarti tangan kanan, kemudian sumpah dinamai dengan istilah al-Yamiin lantaran dahulu orang-orang jahiliyah apabila bersumpah, mereka saling membentangkan tangan kanannya (bersalaman) sebagai tanda penguat sumpah mereka.

Adapun secara istilah fiqih-nya, sumpah adalah menguatkan perkataan dengan menyebutkan sesuatu yang diagungkan dengan bentuk kalimat tertentu============== Masya Allah
in sya allah bermanfaat ---------- 



Abhi Aufa

Manusia yang paling lemah adalah orang yang tidak mampu mencari seorang sahabat. Namun yang lebih lemah dari itu adalah orang yang mendapatkan banyak sahabat tetapi menyia-nyiakannya.