Aku malu bila KEBODOHANnya dapat mengalahkan KESABARANku, Aku malu bila KESALAHANnya mengatasi MAAFku, serta Aku malu bila PERMINTAANnya mengungguli KEDERMAWANANku.

Daftar Isi [Tutup]
    Suatu hari ada seseorang memaki dan menghina Imam Tajul Arifin Sayyidina Ali bin Abi Thalib. Anehnya, esok harinya, karena ada keperluan penting, orang tersebut tanpa rasa malu menemui Beliau. Dengan lapang dada Sayyidina Ali bersedia membantu dan menyelesaikan kesusahan orang tersebut.

    Para sahabat Sayyidina Ali dengan heran bertanya,...
    " Mengapa Anda membantunya ? " .

    Sayyidina Ali menjawab dengan bijak:

    Aku malu bila KEBODOHANnya dapat mengalahkan KESABARANku,
    Aku malu bila KESALAHANnya mengatasi MAAFku, serta
    Aku malu bila PERMINTAANnya mengungguli KEDERMAWANANku.

    Oleh karena itulah Aku kabulkan Permintaannya "

    Kedermawanan Beliau tentu saja merupakan ajaran dari Guru Beliau yaitu Al Musthofa Rasulullah SAW yang mengajarkan segala kebaikan dan akhlak sejak Sayyidina Ali masih sangat kecil.

    كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدَ النَّاسِ، وَكَانَ أَجْوَدُ مَا يَكُونُ فِي رَمَضَانَ، حِينَ يَلْقَاهُ جِبْرِيلُ، وَكَانَ يَلْقَاهُ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ، فَيُدَارِسُهُ الْقُرْآنَ، فَلَرَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدُ بِالْخَيْرِ مِنْ الرِّيحِ الْمُرْسَلَةِ (صحيح البخاري

    “Berkata Ibn Abbas: Bahwa Rasulullah SAW adalah orang yang paling dermawan, dan lebih dermawan lagi saat ramadhan, ketika dijumpai Jibril (as), yang mengunjungi beliau setiap malam dibulan ramadhan, dan mengajarkan beliau SAWAlqur'an, maka sungguh Rasulullah saw lebih dermawan dalam berbuat baik daripada angin yang berhembus"
    (Shahih Bukhari)

    Allahumma shalli ala sayyidina Muhammad wa alii sayyidina Muhammad ...

    Semoga kita dikaruniai kebaikan akhlak dan kedermawanan sebagaimana contoh yg diberikan ...

    Alhamdulillahi rabbil 'alamin
    Tinggalkan Komentar