♡♡ ♥♥ MANUSIA ADALAH UMAT YANG SATU ♡♡ ♥♥



Manusia itu adalah umat yang satu. Maka Allah mengutus para nabi, sebagai pemberi peringatan, dan Allah menurunkan bersama mereka Kitab yang benar, untuk memberi keputusan di antara manusia tentang perkara yang mereka perselisihkan.

Tidaklah berselisih tentang Kitab itu melainkan orang yang telah didatangkan kepada mereka Kitab, yaitu setelah datang kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, karena dengki antara mereka sendiri

Maka Allah memberi petunjuk orang-orang yang beriman kepada kebenaran tentang hal yang mereka perselisihkann itu dengan kehendak-Nya. Dan Allah selalu memberi petunjuk orang yang dikehendaki-Nya kepada jalan yang lurus.

♡♡ ♥♥ بِسْــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــمِ ♡♡ ♥♥

"Manusia itu adalah umat yang satu ..

Pada awal ayat diatas dijelaskan bahwa pada hakikatnya umat manusia adalah satu, Satu disini yang maksudnya adalah memiliki satu kesamaan utama, yaitu manusia dimanapun berada, apapun ras, suku , keyakinan dan agamanya, secara kodrat harus berpegang pada satu acuan yang sama, yaitu berpegang pada nilai-nilai kebenaran dan menjadi golongan orang-orang yang benar (imannya).================================

Sejalan dengan waktu ternyata semakin lama semakin banyak manusia yang jatuh dalam godaan syaitan dan tidak lagi berpegang dan bahkan memperselisihkan tentang nilai-nilai kebenaran tersebut. Yang salah bagi satu golongan telah menjadi benar bagi golongan yang lain. Perbuatan baik yang dilakukan satu golongan terlihat bagai najis dimata golongan yang lain, dan begitu seterusnya.

"...Maka Allah mengutus para nabi, sebagai pemberi peringatan, dan Allah menurunkan bersama mereka Kitab yang benar, untuk memberi keputusan di antara manusia tentang perkara yang mereka perselisihkan...."

Maka Allah mengutus para nabi bersama kitab Nya sebagai pemberi peringatan dan panduan dalam memutuskan perkara tersebut: yaitu agar manusia -yang walaupun secara fisik terdiri dari banyak umat seperti yang dikehendaki Allah - namun secara hakikat adalah satu, yaitu kewajiban berpegang pada satu acuan yang sama, yaitu nilai-nilai kebenaran yang bersifat universal dan berlaku bagi seluruh manusia di muka bumi.
======================================
Allah hu Alaam insya allah bermanfaat

Nur Aisyah

Manusia yang paling lemah adalah orang yang tidak mampu mencari seorang sahabat. Namun yang lebih lemah dari itu adalah orang yang mendapatkan banyak sahabat tetapi menyia-nyiakannya.