(¯`*•.¸✿ KEUTAMAAN MENGUCAPKAN SALAM ,✿¸.•*`¯)




Subahanallah Maha Suci Allah
Keutamaan mengucapkan salam adalah menghilangkan kesombongan,menunaikan hak-hak sesama muslim, sarana untuk meraih surga dan ciri-ciri kebajikan seorang Muslim..
Dari Ibnu Mas'ud berkata bahwa Rasulullah s.a.w bersabda "sesungguhnya salah satu tanda dari tanda-tanda menjelang hari kiamat yaitu seseorg memberi salam pada org lain semata-mata hanya karena menyenalnya (bukan atas dasar sebagai muslim)." Hr.Ahmad.
Ibnu Abbas berkata "sesungguhnya Iblis laknatullah menangis jika mendengar seorang mukmin mengucapkan salam, dan Iblis berkata celakalah kedua mukmin ini tidak berpisah sebelum diampuni Allah.
Sebarkanlah salam agar kalian mencapai ketinggian.barangsiapa menyebarkan salam 25 kali sehari pada setiap bertemu dgn manusia maka dia akan dimudahkan oleh Allah pada akhir hayatnya mengucapkan kalimat Thayyibah.

Rasulullah saw. Bersabda "kalian tidak akan masuk surga sehingga kalian beriman, dan kalian belum beriman sehingga kalian berkarih sayang kepada sesama.sukakah kalian aku tunjukkan suatu amal yg jika kalian lakukan akan menimbulkan kasih sayang diantara kalian? yaitu sebarkanlah salam diantara kalian.

Ucapan salam sudah ada sebelum nabi Adam diturunkan ke dunia ini,Allah menciptakan Adam dgn bentuk yg tingginya 60 dzira. Ketika Adam telah tercipta, Allah berfirman "pergilah dan berilah salam pada para malaikat yg duduk dan perhatikanlah penghormatan apa yg meraka berikan kepadamu.karna hal itu merupakan penghormatan kepadamu dan kepada anak cucumu kelak".

Lalu nabi Adam menghampiri para malaikat dan mengucapkan ASSALAMU ALAIKUM, maka para malaikat serentak menjawab ASSALAMU ALAIKA WARAHMATULLAH. para malaikat menambahkan WARAHMATULLAH (semoga Allah memberi kepadamu).
Paling memberi salam adalah salah satu amalan yg akan tetap berlangsung hingga di akhir kelak.para malaikat penjaga surga juga akan menyambut para penghuni surga kelak dgn ucapan salam.

Barangsiapa yg mendahului saudaranya mengucapkan salam maka Allah akan mendirikan baginya sebuah istana di Surga..
Org yg akan masuk pada suatu ruangan atau rumah mengucapkan salam kepada org yg berada di dalamnya.
Dari Anas Rasulullah bersabda. "Wahai anakku, apabila engkau masuk (menemui keluargamu) rumah, maka ucapkankah salam, karena salam itu akan menjadi berkah kepadamu dan kepada penghuni rumahmu itu.Hr.at Tirmidzi.
Bagi seorang muslim tetap disunnahkan mengucapkan salam apabila ia memasuki rumah, walaupun dirumah itu tidak ada penghuninya dgn ucapan ASSALAMU ALAIKA WA ALA IBADILLAHISHOLIHIN.

Pernah seorang sahabat datang menemui Nabi dan langsung masuk kedalam rumah Nabi tanpa mengucapkan salam, maka nabi menganjurkan agar segera keluar dan mengucapkan salam sebelum masuk. Demikianlah sedikit makna mengucapkan salam semoga bisa menambah pengetahuan kita semua Amin Ya' Robbal Alaminn - آمِّيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ Tapi kenapa umat Islam jarang yang Selalu mengucapkan kata Salam bila ketemu sahabat

Abhi Aufa

Manusia yang paling lemah adalah orang yang tidak mampu mencari seorang sahabat. Namun yang lebih lemah dari itu adalah orang yang mendapatkan banyak sahabat tetapi menyia-nyiakannya.