Undangan undangan Mubazir. *-._.-* *-._.-* *-._.-* *-._.-*




بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


السلام عليكم ورحمة الله وبركا ته



Setelah melangsungkan akad nikah,orang perlu mengumumkan pernikahannya.
i'lan,agar masyarakat mengetahui.melalui walimah,pengantin yang baru menikah mengabarkan kepada orang banyak,menyatakan rasa syukurnya atas rejeki yang dikaruniakan Alloh padanya,serta memohon doa agar pernikahan yang baru saja dilangsungkan dibarokahi oleh Alloh dan Alloh ridho kepada keluarga baru itu beserta seluruh keturunannya kelak.Allohummaaamiin.

Pada masa dulu,orang memberitahu kepada khalayak dan sanak krluarga secara lisan. mereka kemudian menyebarkan kepada orang lain dan siapa saja yang ditemuinya,jikapihak yang mengadakan walimah mengijinkan.selain khalayak umum,ada orang orang yang secara khusus diundang.mengundang dengan cara ini lebih dekat dengan silaturahim dan lebih dekat dengan kesucian hati serta kebersihan niat.


Zaman kemudian berkembang,orang semakin sulit menyediakan waktu kalau tidak diberitahu jauh sebelumnya secara tertulis.kesibukan masing masing pihak pengundang maupun yang diundang menjadikan undangan tertulis lebih praktis.melaluiundangan tertulis.kita lebih memungkinkan untuk mengundang orang yang lebih banyak.

Setelah undangan tertulis marak digunakan,mulaiada pergeseran.Undangan cetak tidak hanya menyangkut fungsinya untuk memberitahu orang.ada sejumlah hal yang kemudian masuk didalamnya.awalnya sekedar agar tidak tampak terlalu bersahaja,sehingga orang berusaha mendesain kartu undangan sehingga tampak lebih menarik dan anggun.pilihan kertas juga semakin berkembang

Sejauh semua itu masih Fungsional mungkin tidak mengapa.hanya saja banyak yang bertanya ketika melihat undangan undangan nikah yang mewah dan lebih banyak fungsi aksesoriesnya atau malah fungsi prestise.Undangan undangan cetak diatas kertas yang jauh melebihi kebutuhan.Ada sekian aksesories yang tidak fungsional,kecuali sekedar sebagai keunikan dan kekhasan.Padahal,sesudah itu undangan undangan itu dibuang ketempat sampah,kertas yang biasanya bertuliskan ayat suci Al Quran,Surat Ar Rum ayat 21 itu,berbaur dengan sampah sampah lain yang siap diangkut tukang sampah.

Kalau kita pikir,bukankah undangan demikian itu undangan mubazir?....

membuat sesuatu yang jauh melebihi kebutuhan,kertasnya kadang sampai berlembar lembar yang ditumpuk tumpuk,padahal hanya dibaca,sesaat,sesudah itu tidak berguna lagi.


Lebih malangnya lagi undangan.undangan itu kadang datangnya dari kita yang beragama islam.Bahkan dari kita yang tampak sekali Ghirah keagamaanya.

Saya tidak hendak mengajak anda untuk bersikap kaku dengan tulisan ini.


Tidak.

Kita melihat kenyataan sekarang bahwa kehadiran undangan cetak hampir hampir tidak mungkin dihilangkan.sehingga undangan itu mempunyai fungsi untuk menyampaikan kabar untuk I'lan (mengumumkan) atas peristiwa membahagiakan.Melalui undangan,kita lebih memungkinkan mengundang banyak orang.

Melalui tulisan ini,saya hendak mengajak berfikir sejenak,sehingga kita bisa menghindari kemubaziran.tetapi kita juga menjauhkan diri dari sikap terlalu bakhil.kemubaziran banyak lahir dari sikap iisraf(berlebihlebihan) sedang sikap bakhil( kikir,terlalu mengurang ngurangkan) menjauhkan kebaikan.
Langkah ini dapat dilakukan dengan mencegah diri dari pemakaian undangan cetak yang berlebih lebihan.Undangan boleh jadi tetap elegan,tetapi tidak berlebihan dalam pemakaian kertas dan penggunaan aksesories.

Menjauhkan kemubaziran juga bisa dilakukan dengan memberi manfaat tambahan pada kartu undangan yang dicetak.Misalkan dengan mengoptimalkan fungsi seluruh kertas yang ada.sehingga tidak hanya bermanfaat menyampaikan undangan walimah tapi juga sebagai dakwah dalam waktu lama.dan tidak akan segera dimasukkan kedalam tong sampah.

Misalkan saja dengan menyertakan kalender,jatwalsholat daerah setempat,tabel zakat misalnya.
serta memberi batas dengan ukuran yang mudah dibawa kemana kemana tidak seperti buku buku besar yang meribetkan.

Bukankah dengan begitu akan lebih bermanfaat...?

Masih banyak sentuhan lain yang dapat diberikan.Anda dapat memikirlan peluang peluang itu agar undangan tidak mubazir.semoga dengan demikian,lebih dekat dengan barakah dan ridho Alloh.

Mudaha mudahan ikhtiar untuk menjadikan sebagai langkah selama proses dengan sesuatu yang bermanfaat dan maslahat,menjadikan pernikahan kita barakah,sakinahmawadah wa rohmah,semoga kelak Alloh mengarunia keturunan yang memberi bobot kepada bumi dengan kalimat laa ilaaha illallah.

aamiin.

Abhi Aufa

Manusia yang paling lemah adalah orang yang tidak mampu mencari seorang sahabat. Namun yang lebih lemah dari itu adalah orang yang mendapatkan banyak sahabat tetapi menyia-nyiakannya.