●═●► BANGUNAN ISLAM ●═●►

Daftar Isi [Tutup]


    Segala puji hanya bagi Allah SWT, shalawat dan salam semoga tetap 
    tercurahkan kepada baginda Rasulullah SAW, dan aku bersaksi bahwa 
    tiada tuhan yang berhak disembah dengan sebenarnya selain Allah yang 
    Maha Esa dan tiada sekutu bagi -Nya dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan -Nya.
    ------------------------------
    bangunan, Islam adalah sebuah bangunan yang kuat dan indah. Bangunan Islam terdiri dari tiga bagian utama: pondasi, bangunan itu sendiri, dan elemen-elemen pelindung serta penguat. Pondasi bangunan Islam adalah aqidah. Aqidah ini harus benar-benar kuat karena ia adalah pondasi, yang diatasnya berdiri semua bagian-bagian bangunan lainnya. Jika sebuah pondasi rapuh, bagian-bagian bangunan yang lainnya pun akan labil dan mudah roboh.

    Adapun bangunan Islam, yang berdiri diatas pondasinya, adalah ibadah dan akhlaq. Ibadah dalam konsepsi Islam meliputi segala aspek kehidupan: segala sesuatu yang mendatangkan kecintaan dan keridhaan Allah, baik itu perkataan maupun perbuatan, dan baik itu bersifat lahir maupun batin. Pendek kata, setiap gerak hidup kita haruslah bernilai ibadah. Sementara akhlaq adalah hal yang tidak terpisahkan dari ibadah.

    Semua bentuk ibadah senantiasa mengarah pada perbaikan akhlaq. Ibadah sholat misalnya, bertujuan untuk mencegah manusia dari perilaku yang keji dan munkar. Puasa bertujuan untuk memperkuat pengendalian diri. Zakat bertujuan untuk membersihkan jiwa dari sifat tamak dan kikir, serta meningkatkan kepedulian kepada sesama. Haji adalah sarana yang sangat baik untuk mendidik jiwa dalam meraih berbagai akhlaq yang mulia seperti pengorbanan, pengendalian diri, dan kerendahan hati.

    Disamping itu, dalam bangunan Islam terdapat pula elemen-elemen pelindung dan penguat, yaitu: pembinaan (tarbiyah), dakwah, amar makruf nahi munkar, pergerakan dan perjuangan (jihad). Elemen-elemen ini bisa diringkas dalam dua kata kunci: dakwah dan jihad. Dakwah adalah sarana untuk melestarikan dan memperluas bangunan Islam. Sedangkan jihad adalah pelindung bagi dakwah. 

    SubhANNALLAH WAL HAMDULiiLAH WA ALLAHU AKBAR ♥ 
    Jihad diperlukan ketika dakwah dihadang oleh unsur-unsur yang berusaha untuk menghadang, merintangi dan memberangusnya. Bentuknya pun bisa bermacam-macam: bisa dengan tulisan, kata-kata, bahkan peperangan. ALLAH HU AKBAR 
    Maha Suci Engkau Ya Allah
    Tinggalkan Komentar